Rapat Penyusunan Renja Polres Maluku tengah Tahun Anggaran 2017

Guna penyusunan anggaran-anggaran Kepolisian Resor Maluku Tengah dan Jajaran Polsek, untuk mendapatkan hasil penentuan anggaran yang terbaik didahului dengan rapat koordinasi Pagu Indikatif dalam rangka penyusunan Renja  Tahun Anggaran 2017,   Kegiatan rapat koordinasi dilaksanakan pada Hari Rabu 13 Juli 2016 pukul 09.00 wita bertempat di Ruangan Kodja Polres Maluku Tengah

Rapat koordinasi dilaksanakan atas seijin Kapolres Maluku Tengah AKBP HARLEY H. SILALAHI, SIK yang dipimpin Kabag Ren Polres Maluku Tengah Komisaris Polisi ABD RAUF MAPPA diikuti Para Kabag, Kapolsek, Kasat,Kasi, Perwira staf, Paur/Baur min masing Bag,Sat dan si serta para Ka Sium Polsek Jajaran.  Pada acara pembukaan oleh Kapolres Maluku Tengah beberapa arahan penting yang disampaikan diantaranya  penyusunan pagu indikatif ini sangat penting, memang penyusunan pagu  indikatif  ini adalah tugas Bag Ren akan tetapi dalam penyusunan perlu diadakan rapat-rapat koordinasi atau masukan dari para Kabag, Kapolsek, Kasat, Kasi, dan para perwira staf Polres Maluku Tengah,  karena sebagai penyelengara atau pengguna angaran adalah Para Kabag,Kasat, Kasi dan Kapolsek Jajaran, kenapa saya libatkan para Ka Sium Polsek jajaran,   Sebab para Ka Sium membuat administrasi pelaporan dan pertanggung jawaban keuangannya sehingga secara teknis / sistem kerjanya dapat dipahaminya.

Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan Paparan Pagu Indikatif Polres Maluku Tengah dalam rangka penyusunan Renja Tahun Anggaran 2017  secara teknis disampaikan Kabag Ren res Maluku Tengah ABD RAUF MAPPA,  beberapa materi yang di paparankan sebagai berikut :

  1. Dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Polri;
  2. Peningkatan sarana dan prasarana aparatur Polri;
  3. Pengawasan dan peningkatan akuntabilitas aparatur Polri;
  4. Pengembangan strategi keamanan dan ketertiban;
  5. Pemberdayaan potensi keamanan;
  6. Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat;
  7. Penyelidikan dan penyidikan tindak pidana;

bl_53255

bl_53260

bl_53263

 

KOORDINASI PENYUSUNAN LKIP POLRES MALUKU TENGAHTA. 2015

Sebagai salah satu tahapan  siklus manajemen pada sebuah organisasi, pelaporan mempunyai peran yang berarti dalam mengetahui sejauh mana pelaksanaan pencapaian tujuan dari suatu organisasi.

Fungsi pelaporan semakin berperan dengan berkembangnya tuntutan masyarakat terhadap akuntabilitas kinerja bagi instansi pemerintah. Memperhatikan hal tersebut, dandalam rangka perwujudan good    governence diperlukan sistem pertanggung jawaban yang tepat, jelas, terukurdan legitimate, sehingga penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) merupakan wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas pokok dan fungsi beserta kewenangan pengolahan sumber daya dan juga sebagai bentuk pertanggung jawaban kinerja selama kurun waktu satu tahun anggaran.

Polres Maluku tengah –Telah melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan LKIP TA.  2015 yang dipimpinan oleh kapolres Maluku Tengah. Pada Hari Senin tanggal 11 Januari 2016 pukul 10.00 WIB, bertempat di ruang Kodja Polres Maluku Tengah, rapat tersebut berlangsung sampai hariJuma ttanggal 15 Januari 2016.

Rapat tersebut dihadiri oleh  :

       1. Kabag Ren Polres Maluku Tengah

  1. Para Kabag Polres Maluku Tengah
  2. Para Kasat Polres Maluku Tengah
  3. Para Kasi Polres Maluku Tengah
  4. Para Kapolsek JajajranPolre sMaluku Tengah dan
  5. Para Ba Min darimasingSatfung.

Rapat tersebut dibuka oleh kapolres Maluku Tengah:

  1. Kapolres memberikan arahan kepada peserta Tim penyusunanLakip  tentang  Draft panduan penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah di lingkunganPolri yang menjadiacuan;
  1. Agar para anggota membuat LKIP sesuai dengan sistematika LKIP sesuai dengan peraturan kepolisian Negara Republik Indonesianomor 7 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan kepala kepolisian negara republik indonesian omor 20 tahun 2012 tentang Penyusunan Laporan Akuntabilitas KinerjaInstansi Pemerintah dilingkunganKepolisian Negara Republik Indonesia.
  1. Agar para peserta dapat memahami LKIP Tahun 2015 sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor : 7 tahun 2015 tentang Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja InstansiPemerintah (LKIP) di LingkunganPolri, sebagaiberikut :

Tujuanpenyusunan LKIP untuk:

  1. mewujudkanakuntabilitasinstansipadapihak-pihak yang memberiamanah;
  1. menilai tingkat keberhasilan dan kegagalan dalam pelaksanaan rencana kinerja yang telah ditetapkan pada doku men perjanjian kinerja setiap akhi rtahun anggaran berjalan;
  1. mengukurtingkatcapaiankinerja yang telahditetapkan;
  1. memantaudanmengendalikanpelaksanaankinerja;
  1. mengevaluasi pencapaian kinerja yang telah ditetapkan bagipi hak yang membutuhkan;
  1. mendorong tingkat pencapaiandankeberhasilan kinerja masa mendatang; dan
  1. memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberiman data atas kinerja yang telah dan seharusnya dicapai.

Sistematika dalam membuat LKIP

  1. ikhtisareksekutif;
  1. babsatupendahuluan;
  1. babduaperencanaankinerja;
  1. babtigaakuntabilitaskinerja; dan
  1. babempatpenutup.

Tahapan dalam membuat LKIP dilakukan dengan menyusun dokumen:

  1. Renstra;
  1. IndikatorKinerjaUtama;
  1. PerencanaanKinerjaTahunan; dan
  1. PerjanjianKinerja.

Pengukuran kinerja sebagai mana dimaksud dalam Pasal 11 dilakukan

melalui:

  1. pengumpulan data kinerja;
  1. pengukuran data kinerja;
  1. membandingkan antara target dan realisasi kinerja tahun ini;
  1. membandingkanan tararealisasi kinerja serta capaian kinerja tahun ini dengan tahun lalu dan beberapa tahun terakhir;
  1. membandingkan realisasi kinerja sampai dengan tahun ini dengan target jangka menengah yang terdapat dalam dokumenRenstraSatker;
  1. membandingkan realisasi kinerja tahun ini dengan standar nasional, jika ada;
  1. menganalisis penyebab keberhasilan /kegagalan atau peningkatan/ penurunan kinerja serta alternatif solusi yang dilakukan;
  1. menganalisis efisensi penggunaan sumber daya; dan

i.    menganalisis program / kegiatan yang menunjang keberhasilan/ kegagalan pencapaian keberhasilan / kegagalan pencapaian pernyataan kinerja.

bl_57212

bl_57214

bl_57218

bl_57225

STRUKTUR ORGANISASI BAGIAN PERENCANAAN POLRES MALUKU TENGAH

slide1 slide2

slide3