bertempat di Pelataran Masjid Agung Ibnu Abdullah Masohi telah dilaksanakan acara *Penjemputan jamaah haji tahun 1440 H/2019 M dengan tema ” Selamat Datang Jamaah Haji Kabupaten Maluku Tengah Menjadi Haji yang Mabrur, Amien..!!! “*.

Hadir dalam giat :
1. Dandim 1502 Masohi LETKOL INF. HARI SANDHI CHRISHANDOKO, S.Sos
2. Waka Polres Malteng KOMPOL DEDY DWITIYA PUTRA, SH.S.IK
3. Anggota Komisi I DPRD Kab. Malteng HASAN ALKATIRI,SE
4. Asisten II Setda Malteng MUHAMMAD BAHRUM KALAUW, SH
5. Kepala Kantor Kemenag Kab. Malteng Hi. HANAFI RUMATIGA,S.Ag.M.Pd
6. Pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng
7. Panitia Penjemputan jamaah haji Kementrian Agama Kab. Malteng
8. Para tamu undangan serta Keluarga jamaah haji sebanyak -+ 300

4. Laporan Wakil Ketua rombongan jamaah haji Kab. Malteng Tahun 2019 Hi. DJAILANI TOMAGOLA :
-. Bahwa jamaah calon haji asal Kabupaten Maluku Tengah sebanyak 196 Jamaah yang bersama dengan jamaah calon haji Kab. Maluku Tenggara, Kab. Buru tergabung dalam Kloter 12  didampingi 5 orang petugas haji yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara ibadah haji Provinsi Maluku melalui kementrian Agama Provinsi Maluku.
-. Dapat kami informasikan sebuah berita duka jamaah haji kloter 12 terdapat 2 orang jamaah haji asal Kab. Buru an. Hi. AHMAD DAHLAN FATTA bin DAHLAN FATTA umur 75 thn meninggal dunia di pemondokan Mina 1 jam sebelum keberangkatan jamaah haji ke pemondokan di Mekkah.
-. Dan 1 lagi an. Hi. HASAN RAHARUSUN bin BALKUD RAHARUSUN umur 73 thn mengalami sakit hingga koma sejak tiba di Madinnah dan meninggal di RSU Hospitaly Germany Madinnah tanggal 17 Agustus 2019.
-. Serta setelah kloter 12 sampai di Makassar pada malam jam 20.00 Wita, 1 orang jamaah haji meninggal dunia an. Hj. NASIA NASIR asal Kab. Buru Selatan.
-. Sementara 1 orang jamaah haji an. Ny. Hj. LILI LATARISSA/PAWAE binti Hi. ABDURAHMAN PAWAE, pada hari Kamis tanggal 22 Agustus 2019 pukul 11.00 Wita harus dilarikan ke RSU King Abdul Aziz karena mengalami gangguan pernapasan yang cukup mengkhawatirkan oleh tim medis sehingga kepulangan haji yang bersangkutan tidak dapat diberangkatkan ke tanah air bersama kloter 12 dan informasi yang kami terima tadi malam pukul 18.00 Wit bahwa dalam waktu dekat 3/4 hari beliau sudah dapat di berangkatan ke Indonesia bersama dengan kloter lain.

5. Sambutan Wakil Bupati Maluku Tengah MARLATU L. LELEURY,SE sekaligus menyerahkan jamaah haji Kab. Malteng kepada keluarga masing-masing, yang menyampaikan :
-. Alhamdulillah syukur patut kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat dan penyertaan-Nya, segenap Tamu Allah yang juga merupakan duta daerah dan bangsa, yakni jamaah haji Kabupaten Maluku Tengah, hari ini telah tiba di hadapan kita semua dalam keadaan sehat wal’afiat.
-. Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, mengucapkan selamat datang kembali di tanah air bagi para tamu-tamu Allah yang telah selesai menunaikan salah satu rukun Islam, yakni ibadah Haji di Tanah Suci Makkah.
-. Rasa haru dan bahagia yang tiada tara, itulah kalimat yang bisa dilukiskan kepada orang yang barusan kembali ke tanah air sepulang dari menunaikan ibadah haji.
-. Hati para tamu-tamu Allah pasti merasakan kebahagiaan yang mendalam karena telah menyempurnakan ke-islamannya dengan menjalankan ibadah yang tidak mudah dijalankan oleh semua umat islam.
-. Semua peristiwa selama melaksanakan ibadah haji sampai kembali ke tanah air, hendaknya di renungkan sekaligus dijadikan pengalaman yang sangat berharga.
-. Karena pergorbanan yang cukup besar, baik waktu, biaya dan tenaga sejak persiapan menuju tanah suci Mekkah hingga kembali lagi ketanah air, melainkan predikat atau gelar yang disandang oleh Bapak dan Ibu sebagai haji, harus mampu memberikan contoh dan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan masing-masing.
-. Dalam konteks hubungan sosial, interaksi religius itu menggambarkan bahwa ikatan persaudaraan serta kecintaan terhadap daerah selalu terpatri di dalam jiwa setiap masyarakat Kabupaten Maluku Tengah di mana saja berada.
-. Berharap pengalaman spiritual yang positif didapatkan selama menjalankan ibadah haji, kiranya bisa menjadi motivasi untuk mengembangkan pembinaan akhlak bagi orang-orang di lingkungan terdekat, keluarga dan masyarakat.
-. Mengharapkan agar nantinya kelembagaan jamaah haji dapat kembali dimaksimalkan fungsi dan perannya, agar mampu menjawab berbagai tantangan serta dinamika keumatan yang ada saat ini.
-. Kepada para jamaah haji yang berasal dari luar Kota Masohi, saya mengucapkan selamat kembali ke daerah masing-masing.
-. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Penyelenggara Urusan Haji, Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji, Tim Pemandu Haji Daerah serta Tim Kesehatan Haji Daerah karena telah memberikan pelayanan kepada seluruh jamaah haji sampai kedatangan pada hari ini.

Selama kegiatan berlangsung telah dilaksanakan Pengamanan oleh Personil Polres Malteng dan Polsek Kota Masohi yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Malteng AKP SUBHAN AMIN serta Kapolsek Kota Masohi IPDA CUNG HARYANTO.

Kegiatan berakhir sampai dengan pukul 12.00 Wit, selama kegiatan berlangsung situasi aman dan lancar.