POLDA MALUKU – POLRES MALUKU TENGAH,_Stop Pungli dalam segala hal baik dilingkungan pekerjaan maupun dilingkungan keluarga, Bhabinkamtibmas Polsek Waipia Polres Maluku Tengah Bripka Weros Kokiroba memberikan sosialisasi terhadap warga Masyarakat bertempat di depan Toko Usaha Baru, Negeri Bumey, Kecamatan TNS, Rabu (18/08/2021)

“mengenai pentingnya mencegah pungli. Lebih lanjut, Bripka Eros menerangkan, secara umum pungli diartikan sebagai pungutan yang dilakukan secara tidak sah atau melanggar aturan, oleh dan untuk kepentingan pribadi oknum petugas” jelasnya”

Untuk itu, Bhabinkamtibmas Polsek Waipia mengajak Mahasiswa Kebidanan Stikes Maluku Husada untuk bersama-sama memberantas pungli. Menurutnya, baik penerima dan pemberi sama-sama akan di berikan sanksi. Berdasarkan aturan yang ada, untuk menindak para pelaku praktek-praktek pungli. Presiden RI mengeluarkan Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Dalam sosialisasi ini, Bripka Eros mengingatkan kembai bahwa pungli yang biasa ditemui dalam keseharian merupakan pelanggaran hukum. Dengan demikian, Mahasiswa Kebidanan Stikes Maluku Husada diminta untuk tidak menjadikannya sebagai budaya dan muncul kemauan untuk melaporkan oknum yang melakukan. “Mari bersama kita berantas tindakan pungli, memberi dan diberi jelas sama-sama melanggar hukum,” terangnya.

“sebelum menutup giat sosialisasi Stop Pungli Bhabinkamtibmas mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 5M (menggunakan masker,mencuci tangan,menjaga jarak serta menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas ) untuk memutus rantia penyebaran virus covid-19.” tutupnya”

(humaspolsekwaipiaolresmalteng)

#js22