POLDA MALUKU, POLRES MALUKU TENGAH – Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 baru dilaksanakan pada hari ini, Jumat (13/05/2022). Peringatan tersebut tidak dilaksanakan sebagaimana tanggal mestinya, yakni 2 Meri kemarin, sebab bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 di Kota Masohi dilakukan dengan melaksanakan Upacara Bendera yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tengah.

Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 disongsong dengan tema ” Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar “.

Bertindak sebagai pembina Upacara Sekretaris Daerah Maluku Tengah DR. RAKIB SAHUBAWA, S.PI, M.Si., dan selaku pemimpin Upacara Guru SD Negeri 305 Maluku Tengah M. SIAHAYA, S.Pd., serta Pengatur Upacara Guru SD Negeri 23 Maluku Tengah HENDRIK PATTY, S.Pd.

Hadir dalam Upacara peringatan tersebut, Kapolres Maluku Tengah AKBP ABDUL GHAFUR, S.I.K, S.H, M.Si., Ketua Pengadilan Negeri Masohi JHONSON E. F. SIRAIT, SH., mewakili Kajari Maluku Tengah Kasi Pidum VEKTOR MAILOA, SH., Denpom XVI-02 /Masohi MAYOR CPM. HELMI JEFRY, SH., mewakili Dan Brigif-27 Nusa Ina Masohi Kasiter MAYOR INF. BINTORO., Pasi Ops Kodim 1502/Masohi  KAPTEN INF. IKSAN PATTIMURA., mewakili Wadanyon B Pelopo  Danton 1 Kompi 4 IPDA WILLY MANINA., dan para Pimpinan OPD di lingkup Pemda Maluku Tengah.

Sebelum membacakan amanat Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia, Pembina Upacara mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 kepada semua Insan Pendidikan dimanapun berada.

“teriring terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi yang diberikan untuk mencerdaskan anak bangsa khususnya di Wilayah Kota Masohi,” Ucapnya.

Dalam pidatonya yang dibacakan oleh pembina upacara, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyatakan, hari ini adalah bukti kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan.

“Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah menga­rungi pulau-pulau di seluruh Indonesia”, imbuhnya.

Pada masa Pandemi Covid-19, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menghadirkan Kurikulum Merdeka untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar.

Upaya tersebut mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini, Kurikulum Merdeka akan di­terapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional berjalan aman dan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.(HUMASPOLRESMALUKUTENGAH)